Ikan Kepala Transparan

12 04 2010

Ikan ini mempunyai kepala seperti kokpit pesawat tempur, dengan mata seperti silinder yang sangat sensitif dan di atasnya lensa-lensa bulat berwarna hijau. Ikan ini ditemukan hidup-hidup di kedalaman laut di lepas pantai tengah California oleh Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI) dan ini yang pertama kali ditemukan.



Di depan mata silinder ikan Pasifik ini bukanlah mata melainkan organ penciuman. Mata seperti silinder keabu-abuan itu berada di bawah kubah hijaunya yang berfungsi memfilter cahaya. Gambar di atas memperlihatkan matanya yang mengarah ke atas – lebih baik untuk melihat mangsanya di kegelapan laut dalam. Peneliti menemukan bahwa mata itu dapat bergerak berputar pada sumbunya (pivot).


Ikan ini kadang mencuri ikan dari siphonophora – jelli yang bisa tumbuh hingga panjang lebih dari 33 kaki (10 meter) – lihat gambar di atas.
Sirip-sirip horisontalnya membuatnya mampu berenang dengan hati-hati di antara tentakel-tentakel bersengat dari siphonophora. Jika sedikit meleset, pelindung seperti helm di kepalanya bisa melindungi matanya.


Ikan ini hidup di kedalaman 2000 kaki (600 meter) di bawah permukaan laut, dimana air lautnya hampir pekat. Ikan ini diketahui banyak menghabiskan waktunya dengan diam saja, tak bergerak dengan mata mengarah ke atas. Semacam lensa berwarna hijau di atas tiap matanya memfilter cahaya matahari, membuat ikan ini bisa memfokuskan pada cahaya dari jelli-jelli kecil atau mangsa lain yang lewat di atasnya. Lalu matanya akan berputar ke depan untuk mengikuti mangsanya, dan membantu mendapatkannya.

Iklan

Aksi

Information

2 responses

12 04 2010
Kang Javas

Wihhhhhhhhh… keren bos post2-nya ! salam kenal ya dari http://kangjavas.wordpress.com

12 04 2010
fajarshadow

ya, salam kenal juga dari https://fajarshadow.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: